Kelapa Sawit Indonesia Semakin Menjadi Andalan Ekonomi Nasional

Diposting oleh: Admin | Diperbaharui: 29 Juni 2021


Kelapa Sawit Indonesia Semakin Menjadi Andalan Ekonomi Nasional

www.cwe.ac.id Saat ini, kelapa sawit Indonesia telah berkembang menjadi bagian yang paling penting di dunia. Dalam hal produksi minyak sawit, Indonesia saat ini menjadi nomor satu dan telah mengalahkan Malaysia. Dari 64 juta ton produksi sawit dunia, Indonesia menyumbang lebih dari setengahnya yaitu 35 juta ton. Indonesia menyumbang 54 persen dari produksi minyak sawit dunia.

Pada hakekatnya, kelapa sawit Indonesia dan produk turunannya bersaing karena kita menguasai supply chain dari bahan baku hingga produk akhir, dimana mengandung 87 persen komponen domestik. Keunggulan ini tidak dimiliki oleh komoditas pertanian lain.

Informasi yang membanggakan ini disampaikan dalam rangkaian acara Seminar Rutin PSEKP, pada hari Kamis tanggal 28 September 2017 di Gedung A Kementerian Pertanian. Presenter seminar adalah DR Delima Azahari, seorang peneliti senior di PSEKP (Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian), dan sekaligus terlibat langsung memimpin berbagai delegasi dalam negosiasi kelapa sawit di level dunia.

 

 

Sumber Informasi: Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian
Link Sumber: https://bit.ly/3vKOc7N